Mitos dan Fakta bunga Edelweis


Bunga Edelweis adalah bungayang tumbuh di daerah pegunungan. Bunga ini juga masuk kedalam kategori Flora dan Fauna yang dilindungi, kabarnya bunga Edelweis adalah bunga yang abadi. Berikut adalah bebera fakta x mitos tentang bunga Edelweis :
  1. Edelweis hanya tumbuh di pegunugan di atas ketinggian 2000 mpdl dan tergantung pada suhu udara dan kelembapan.
  2. Di katakan abadi karena di dalam bunga ini terkandung hormon etilen yang dapat mencegah kerontokan kelopok bunganya. Dengan hormon inilah Edelweis dapat hidup hingga 10 tahun.
  3. Edelweis di lindungi oleh undang-undang, bahkan sudah banyak yang paham bahwa mencabut dan membawa edelweis dari gunung adlah tindakan ilegal.
  4. Edelweis juga dijadikan sebagai simbol dari Pos Indonesia pada tahun 2003.
  5. Edelweis mulai terancam punah, pada tahun 1998 terdapat 636 batang edelweis yang diambil dari taman nasional gunung gede pangrango, sedangkan di bromo edelwis sudah dinyatakan punah.
  6. Mitos yang ada pada Edelweis mengatakan bahwa yang bisa membawa dan memberikan edelweis kepada yang terkasih, maka hubungan itu akan menjadi abadi.
  7. Dengan pengetahuan sekarang, Edelweis sudah bisa di budidayakan, tempat yang sudah membudidayakan Edelweis adalah dataran tinggi dieng.
Jadi jika kamu bernar-benar ingin memberikan bunga itu untuk dilihat oleh pasangan mu, jangan memetik lalu membawanya pulang. Melainkan bawa pasanganmu itu untuk melihat keindahan Edelweis dari pegunungan langsung.